Terjemahan

Minggu, 11 Agustus 2013

Madu Sebagai Penyembuh


Disebutkan Firman Allah dalam Al-Qur'an, 


artinya: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang dibukit, dipohon-pohon kayu dan ditempat yang dibikin manusia” ”. [QS. An-Nahl: 68] 

Allah telah memerintahkan para lebah untuk membuat sarang yang kemudian didalamnya akan dihasilkan cairan yang biasa kita kenal dengan madu sebagaimana lanjutan dari ayat ini, yaitu: 


Artinya :
 “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dantempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. [QS. An-Nahl : 69] 

Menurut Nabi SAW bahwa setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Sabda Rasulullah : “Berobatlah, maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah menyediakan baginya obat, kecuali satu penyakit, yaitu tua” ( Hadis riwayat Abu Daud) 
Rasulullah SAW juga ada berpesan agar kita berobat dengan madu dan Al-Qur’an, Sabda beliau yang artinya: “Ambillah / pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan al-Qur’an.” (Hadis riwayat Ibnu Majah).

Didalam hadits tersebut ternyata madu mempunyai keistimewaan yang tersendiri dengan nilai-nilai utama dalam ilmu kesehatan. 
Madu merupakan cairan yang berasal dari nectar bunga yang dihasilkan oleh lebah yang kemudian disimpan didalam kantung madu.


Ditemukan, Madu Penyembuh Semua Penyakit


TEMPO.CO, London - Madu telah digunakan untuk penyembuhan selama ribuan tahun, meskipun dunia kedokteran lebih percaya pada penisilin dan antibiotik. Namun, seorang konsultan mikrobiologi di Inggris, Matthew Dryden, kembali menggali khazanah madu sebagai penyembuh. 

Ia mengembangkan madu super, dikenal kemudian sebagai Surgihoney, untuk menjadi obat alternatif. Dalam skala laboratorium, madu ini mampu membunuh bakteri, parasit, dan infeksi jamur, selain bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

Luka dan borok, termasuk akibat infeksi virus mematikan MRSA, sembuh dalam beberapa hari dengan olesan madu ini. Selain itu, madu ini juga mampu  menyembuhkan luka-luka tentara yang kembali dari Afghanistan, dan telah digunakan untuk mengobati jerawat dan melindungi kulit pasien kanker saat kemoterapi.

"Ini akan merevolusi perawatan luka di seluruh dunia," kata Dryden. "Saya telah melakukan banyak tes laboratorium dan dibandingkan dengan madu dari seluruh dunia."

Menurutnya, madu adalah obat alami yang fantastis. "Cairan ini mampu membunuh kuman tetapi tidak merusak jaringan," katanya menambahkan. 

Surgihoney dikembangkan oleh Ian Staples, seorang pengusaha Inggris. Dia membeli sebuah pertanian organik di Chile selatan, mendirikan sarang lebah, sebelum  kemudian mendanai peneliti ilmiah di Irlandia untuk mengidentifikasi unsur-unsur kesehatan yang unik.

Madu ini telah mendapat pengakuan lembaga pengawasan obat dan makanan Inggris, tetapi belum tersedia secara komersial.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar